Rabu, 15 Februari 2012


PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN
DAN
RENCANA KERJA

                             Disusun Oleh :
                             Bonar FH Sihombing, SP
                             Nip : 19781012 201001 1 005
                             PPL RAWANG PASAR IV








BADAN PELAKSANA PENYULUHAN
DAN KETAHANAN PANGAN KAB. ASAHAN
2012

KATA PENGANTAR
            Penyuluhan Pertanian merupakan proses pembelajaran bagi pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi permodalan dan sumberdaya lainnya untuk meningkatkan usaha dan kesejahteraannya. Kegiatan penyuluhan pertanian akan berjalan baik dan lancar jika ketiga komponen dasar antara sumber informasi, penyuluhan dan pelaku usaha tani dapat berinteraksi dengan baik dan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul selama berinteraksi.
Dengan tersusunnya rencana kerja ini yang merupakan pedoman untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan dilapangan selama satu tahun kiranya dapat mempermudah dan mengefektifkan kegiatan penyuluhan di lapangan sehingga proses penyuluhan dapat berjalan dengan baik.
Puji dan syukur kehadirat Tuhan YMS atas segala Rahmat dan Karunia-Nyalah sehingga penulisan Rencana Kerja Penyuluhan Pertanian ini dapat selesai dengan apa yang diharapkan dan pada kesempatan ini juga tak lupa penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
  1. Bapak  Kepala Badan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan pangan.
  2. Bapak Programer, Supervisor, dan rekan-rekan penyuluh di BPP Rawang Baru Kecamatan Rawang Panca Arga.
  3. Bapak Camat Rawang Panca Arga.
  4. Bapak  Kepala  Desa Rawang Pasar IV.
  5. Bapak Gapoktan, Kontak tani beserta anggota kelompok tani yang banyak memberikan masukan.
  6. Serta semua pihak yang ikut serta dalam mendukung hingga selesainya penyusunan Rencana Kerja Penyuluhan Pertanian ini.
Penulis menyadari bahwa penyusunan Rencana Kerja Penyuluhan Pertanian ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Untuk itu penulis masih mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi sempurnanya Rencana Kerja Penyuluhan Pertanian ini.

            Rawang Pasar IV,   Januari 2012
   Penulis



Bonar FH Sihombing, SP
Nip : 19781012 201001 1 005



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Penyuluhan pertanian sebagai bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum merupakan hak azasi warga negara Republik Indonesia. Sektor pertanian yang berperan penting dalam pembangunan nasional memerlukan sumberdaya manusia yang berkualitas, andal, serta berkemampuan manajerial, kewirausahaan dalam melaksanakan usahanya. Dengan demikian pelaku pembangunan agribisnis dari hulu sampai dengan hilir yang berdaya saing tinggi dan berperan serta dalam melestarikan lingkungan usahanya sejalan dengan pringsip pembangunan berkelanjutan.
            Penyuluhan pertanian mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan pertanian, khususnya dalam pengembangan kualitas pelaku utama dan pelaku usaha. Penyuluhan pertanian adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya. Sebagai kegiatan pendidikan, Penyuluhan pertanian adalah upaya untuk membantu menciptakan iklim pembelajaran yang kondusi bagi pelaku utama dan keluarganya, serta pelaku usaha.
            Aparat pertanian yang dimaksud merupakan penyuluh pertanian sebagai ujung tombak dalam pemberdayaan pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya.
            Untuk memudahkan bagi seorang penyuluh dalam melaksanakan tugas sehari-hari, maka perlu disusun Rencana Kerja Penyuluh di Wilayah kerja masing-masing sebagai pedoman untuk pencapai tujuan ataupun sasaran yang telah ditetapkan secara efisien dan juga sebagai alat pengemdalian dan pengawasan. Dalam rangka membangun pertanian tangguh diperlukan sumberdaya aparat pertanian yang professional, kredible, kreatif, inovatif, akuntable, dan amanah dibidang pengaturan, pelayanan dan penyuluhan sesuai kualifikasi dan spesialisasi yang diperlukan bagi proses pembangunan pertanian berlanjutan.
            Rencana Kerja Penyuluhan Pertanian harus melibatkan dasar yang kuat untuk masyarakat tani yang menjadi sasaran pemanfaatan teknologi pertanian, tokoh masyarakat, KTNA, PPL, BPP, dan UPTD pertanian dan peternakan serta aparat terkait memiliki peran penting dalam pembangunan pertanian. Untuk itu pengkajian wilayah secara partisiatif dengan melibatkan masyarakat untuk turut serta dalam pengkajian wilayah sendiri perlu dilakukan untuk membuat rencana dan tindakan pembaharuan dalam rencana kerja yang lebih baik sesuai dengan kondisi di lapangan serta aspirasi petani itu sendiri.
            Wilayah Kerja Penyuluh Lapangan Desa Rawang Pasar IV terletak dalam Kecamatan Rawang Panca Arga. Komoditi andalan di WKPP ini adalah persawahan tadah hujan yaitu . Jumlah Kelompok Tani di Desa ini adalah 12 Kelompok Tani dengan criteria 2 kelompok Tani ternak dan hortikultura dan 10 kelompok Tani tanaman pangan.

B. Tujuan
1. Penyusunan Program
            Rencana Kerja Penyuluh bertujuan menjadi pedoman dalam pelaksanaan penyuluhan pertanian di lapangan sehingga tercapai peningkatan produksi dan pendapatan keluarga tani dan pelaku usaha pertanian lainnya yang ada akhirnya kesejahteraan petani meningkat.

2 Tujuan Umum
a. Untuk memperoleh data dan informasi praktis yaitu mengidentiikasi faktor-faktor sumber       daya, masalah kebutuhan dan potensi untuk menyusun rencana monitoring dan evaluasi pelaksanaan akhir.
b.  Mengembangkan intensivikasi di sentra produksi tanaman pangan dan peternakan serta tanaman selah hortikultura yang berperioritas meningkatkan pendapatan petani di pedesaan yang berlandaskan intensifikasi yang tidak terlepas dari dukungan aparat terkait.

3. Tujuan Khusus
a. Mengaktifkan dinamika kelompok tani, sehingga diharapkan petani dapat saling bekerjasama dan berkoordinasi sesama petani, dengan demikian transfer informasi dan teknologi dapat menyebar ke seluruh petani yang berpotensi meningkatan produktifitas petani.
b. Mempercepat alih teknologi kepada masyarakat tani melalui wadah kelompok tani dalam merumuskan perencanaan dan meningkatan produksi.
c. Mengoptimalkan produksi tanaman pangan khususnya persawahan tadah hujan yang menjadi andalan kabupaten Asahan.





BAB II
PROFIL DESA
a. Monografi Desa
            Desa Rawang Pasar IV berada di Kecamatan Rawang Panca Arga yang luas desa 643 Ha terdiri dari 10 dusun. Desa Rawang Pasar IV adalah ibukota kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan, yang berjarak 1 Km dari kantor camat Rawang Panca Arga, jarak dari kantor Badan Penyuluh Pertanian  ± 5 Km, dan menpunyai batas batas administrasi wilayah yang sebelah Utara berbatasan dengan Desa Rawang Lama, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Kisaran Timur, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pondok Bungur, sebelah Timur berbatasan dengan Rawang Pasar V.
            Keadaan Desa Rawang Pasar IV merupakan indicator penting untuk menggambarkan secara jelas dan terperinci ditampilkan dalam bentuk tabel sebagai berikut :
Tabel 1 : Peruntukkan dan manfaat Lahan.
No.
Peruntukkan Lahan
Luas
1.
Persawahan
225  Ha
2.
Tegal/Kebun
13  Ha
3.
Perkebunan
275  Ha
4.
Perumahan/pemukiman
80  Ha
5.
Kolam/perikanan
1  Ha
6.
Perkontoran/Sarana Sosial
  1. Kantor/Balai desa
  2. Puskesmas
  3. 5 Unit Mesjid
  4. 2 Unit Mushollah
  5. 1 Unit Perguruan Taman Siswa
  6. 3 Unit SDN
  7. 1 Unit TK/Play Group
  8. Jalan Umum/jalan dusun
  9. Perumahan Dokter
  10. 1 Unit Rumah Perawat
  11. 1 Unit Polindus
  12. Tanah Wakap
  13. Kantor PU
  14. Tanah KUD
  15. Saluran Primer
  16. Saluran Skunder

0,08 Ha
0,16 Ha
1        Ha
0,2  Ha
0,48  Ha
1        Ha
0,08  Ha
12,5  Ha
0,16  Ha
0,08  Ha
0,08  Ha
1        Ha
0,08  Ha
0,16  Ha
15,57  Ha
17  Ha
Jumlah
643   Ha


b. Keadaan Tanah.
          Tanah di Desa Rawang Pasar IV merupakan tanah Cabuk (percampuran antara tanah liat pasar dengan debu) dan sebagian besar tanah di Desa Rawang Pasar IV cocok untuk lahan pertanian pangan seperti : padi, palawija, dan hortikultura. Apabila tanah di Desa Rawang Pasar IV tergolong datar sehingga mudah untuk menanam seperti kelapa sawit, cacao, dan sayur mayor.




c. Komposisi Penduduk
          Jumlah penduduk Desa Rawang Pasar IV sebanyak 2913 jiwa, yang 1489 laki-laki dan 1424 perempuan, dihitung berdasarkan jumlah kepala keluarga sebanyak 819 KK.
Tabel 2 : komposisi penduduk Desa Rawang pasar IV, berdasarkan jenis kelamin dan agama
No
Nama Desa
Jumlah Penduduk
Agama
Lk (jiwa)
Pr (jiwa)
Total (Jiwa)
Islam
Protestan
Katolik
Hindu
Budha

Rawang Pasar IV
1489
1424
2913
2835
78
-
-
-
 
          Desa Rawang pasar IV adalah Desa pertanian, penghasilan warga Desa Rawang pasar IV sebagian besar mata pencahariannya adalah Petani. Dari jumlah 894 KK yang ada lebih kurang, 831 KK adalah petani selebihnya 63 KK adalah PNS/TNI/POLRI, pedagang, karyawan perkebunan dan lain-lain.
          Kemampuan produksi persawahan di Desa Rawang pasar IV, minimal 5,5 Ton/Ha per 1 musim, jika dalam 1 tahun 2 x tanam, maka produksi padi menjadi 11 Ton/Ha/tahun. Kalau harga gabah dikisaran Rp. 2.800,- maka per Ha bisa menghasilkan Rp. 15.400.000,- maka penghasilan rata-rata petani Desa Rawang pasar IV hanya Rp. 1.283.400,-/bulan atau Rp. 42.780,-/hari.
Dari uraian diatas jelas bahwa masih lemahnya perekonomian warga Desa Rawang pasar IV dan perlu adanya terobosan untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat baik dibidang pertanian maupun disektor lainnya.
Tabel 3 : Potensi Agroekosistem Desa Rawang pasar IV
Nama Desa
Jenis Usaha Tani
(Pada Lahan)
Jumlah Luas Tanam (Ha)
Jumlah KK Petani
Rata-rata Luas/Org (Ha/Org)
Produktifitas (Ton/Ha)
Desa Rawang pasar IV
Lahan Kering  :




a. Perkebunan Rakyat
2
2
1
2
b. Perkebunan Swasta
361
-
-
-
c. Palawija
45
80
0,56
3
d. Kolam Ikan
10
25
0,4
6
Lahan Sawah :




a. tadah hujan
225
891
0,25
5,5

d. Produksi Usaha Tani
Tabel 4. Produksi Usaha Tani Pertanian Kelompok Tani Desa Rawang pasar IV
Nama Desa
Jenis Tanaman
Luas
Produksi Rata-rata tiap Ha (Kw)
Harga Rata-rata Produksi Waktu Panen per kw (Rp)
Biaya Produksi Rata-rata tiap Ha (Rp)
Jumlah Petani
Tan Pangan
Hortikultura
Perkebunan
Tanam
(Ha)
Panen
(Ha)
Desa Rawang pasar IV

Padi


-

Kakao
Sawit
Kelapa
225
5
4
2
225
5
4
2

10
10
10

800.000
200.000
250.000
5.500.000
3.500.000
1.500.000
1.000.000
535
25
50
24

Tabel 5 : Keadaan Ternak Desa Rawang pasar IV
Nama Desa
Jenis Ternak
Kerbau (ekor)
Sapi
(ekor)
Kambing
(ekor)
Domba
(ekor)
Ayam
(ekor)
Itik
(ekor)
Babi
(ekor)
Lain-lain
Desa Rawang pasar IV

25
98
175
-
4330
600
-




e. Kelembagaan Petani Desa Rawang pasar IV
Tabel 6 : Jumlah Kelembagaan Petani Desa Rawang pasar IV
Nama Desa
Jlh Kel. Tani
Jumlah Kelompok Tani
Tani Dewasa
Wanita Tani
Taruna Tani
Jlh Kel
Jlh Anggota
Jlh Kel
Jlh Anggota
Jlh Kel
Jlh Anggota
Desa Rawang pasar IV
12
12
535

1
15
-
-

Tabel 7 : Nama-nama Kelompok Tani
Nama Desa
Nama Kelompok Tani
Nama Pengurus
Jumlah Anggota
Modal Kelompok
Jenis Usaha Tani Pokok (utama)
Luas Ha
Ketua
Sekretaris
Bendahara
Desa Rawang pasar IV

Sinar Jati
Ponidi

Tauhit
Sumarno
53
-
Tan. Pangan
30
Dahlia
Rusdi
Suparman
Rubianto
72
-
Tan. Pangan
30
Sri Murni
Ismuhanan
Misli

Solehan
43
-
Tan. Pangan
15
Mekar Sari
Ruslin
Seger
Hermanto
70
-
Tan. Pangan
25
Jati sari
Tugio
Urden
Surianto
30
-
Tan. Pangan
22
Sumber Tani
Kardi
Ponimen

Ermin
23
-
Tan. Pangan
15
Mekar
Tukiran
Rahmad
sumisno
65
-
Tan. Pangan
22,5
Karya Bahti
Hidayatsyah
Rekno Winarto
Rahmansyah
38
-
Tan. Pangan
25,5
Makmur
J. Saragih
Manurung
H.Marpaung
43
-
Tan. Pangan
25
Sehat
Suparman
Sutino
Misran
48
-
Tan. Pangan
15
Bina Jaya
Mujiono
Marikin
Legiman
18
-
Ternak
8
Rimbun Tower
Sukatmin
Kasiran
Marmin
32
-
Hortikultura
12

Tabel 8 : Kelompok Gapoktan
Nama Desa
Nama Kelompok Tani
Nama Pengurus
Jumlah Anggota
Modal Kelompok
Jenis Usaha Tani Pokok (utama)
Luas Ha
Ketua
Sekretaris
Bendahara
Desa Rawang pasar IV

Bina Karya
Sumarno

Rusdi
Tauhit
535
-
Tan. Pangan
225

f. Curah Hujan Desa Rawang pasar IV
Tabel 9 : Keadaan Curah Hujan Lima Tahun Terakhir
Tahun
Bulan
2007
2008
2009
2010
2011
Jlh Mm3
Jlh Hari
Jlh Mm3
Jlh Hari
Jlh Mm3
Jlh Hari
Jlh Mm3
Jlh Hari
Jlh Mm3
Jlh Hari
Januari
59
8
278
12
225
10
62
10
166
14
Februari
83
8
18
4
20
6
51
7
53
6
Maret
74
9
8
3
263
20
35
3
135
12
April
56
6
110
11
175
16
193
11
21
5
Mei
98
10
159
12
123
11
98
8
53
7
Juni
87
10
192
12
18
3
146
13
101
8
Juli
13
2
281
10
173
9
151
12
5
2
Agustus
113
10
228
15
232
18
196
10
152
12
September
146
14
342
12
166
12
67
14
168
8
Oktober
140
13
207
16
215
17
87
8
125
13
November
140
11
139
11
242
24
291
23
69
12
Desember
142
12
191
14
54
13
87
13
67
8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar